Thursday, April 30, 2015

Cara Membuat Blog Lebih Mobile Friendly

Kecenderungan mengakses blog dengan mudah, kapan saja dan dimana saja merupakan hal yang wajar di zaman atau era seluler sekarang ini. Hampir semua orang dari kalangan bawah dan menengah ke atas memiliki perangkat seluler terutama smartphones (handphone cerdas), tablet PC (Ipad, dsb). Sehingga dengan demikian, mereka tidak mau susah buka atau mengakses internet dengan perangkat keras desktop PC (komputer besar). Sambil menunggu teman, sambil berkendara bis menuju tempat tujuan, atau di kafe-kafe, ruang tunggu bandara, stasiun kereta api, terminal, dan sebagainya yang menyediakan fasilitas wifi gratis, sekarang akses internet sudah mudah dinikmati pengguna. Demikian pula di kantor-kantor pemerintah/swasta, meskipun tercukupi fasilitas internet dengan desktop PC, namun masih saja orang-orang dengan tidak mau susah payah mengakses internet, mereka menikmati akses internet melalui ponsel atau perangkat seluler lainnya. Di Amerika Serikat, 94% orang mengakses internet dengan smartphones menelusuri informasi lokal di perangkat mobile device (handphone, tablet) mereka. Menariknya, 77% penelusuran dengan perangkat seluler dilakukan di rumah atau di kantor, meskipun fasilitas internet dengan komputer desktop tersedia.

Cara Membuat Blog Lebih Mobile Friendly

Sebenarnya cukup mudah jika blog anda agar mobile friendly. Apakah pembaca tahu blogger blog (blog-blog yang dibangun dengan platform blogspot). Ternyata blog yang dibangun dengan platform blogspot (blogger) sudah support ke jenis mobile friendly blog. Caranya hanya dengan menambah karakter  ?m=1 di akhir alamat URL blog Anda. Dan Anda bisa melihat tayangannya di blog versi mobile (seluler). Jika demikian, Anda hanya wajib mengaktifkan fitur mobile di template Anda.

Langkah-langkah ini sudah banyak dibahas para blogger, saya hanya sekedar mengulangiunya saja.
  1. Masuk ke Akun Blogger
  2. Dari dashboard klik Template
  3. Pilihlah mobile version. Klik pada gambar/ikon gear ke opsi enable and customize your mobile template
  4. Beri tanda check “show mobile template on mobile devices”.

Berikut tampilan jika blog Anda telah dilakukan pengaturan menjadi enable ke mobile version. Jika pengguna internet mengakses website/blog Anda, mereka akan melihat tampilan yang sama saat menggunakan desktop maupun telepon seluler, seperti digambarkan di bawah ini.
 
sumber:developers.google.com


Semoga bermanfat.

Share this

0 Comment to "Cara Membuat Blog Lebih Mobile Friendly"

Post a Comment