Sunday, June 21, 2015

Tutorial bagi Blogger Pemula: Export, Import dan Menghapus Blog

Baru saja saya melakukan export-import blog. Jadi tulisan-tulisan saya yang di blog ini adalah hasil importing dari Blog Juragan Dodoll

Ada beberapa alasan mengapa saya harus melakukan export-import blog.
  1. Alasan SEO, saya pandang Blog Niche Juragan Dodoll, atau niche dari blog Juragan Dodoll tidak jelas. Niche adalah adalah topik utama dari blog atau website kita, jika saya katakan blog atau website saya membahas produk suplemen makanan untuk orang gemuk maka yang saya akan selalu membahas mengenai produk makanan suplemen  khusus orang gemuk. Jangan pernah menyimpang dari topik pembahasan suplemen makanan untuk orang gemuk. Ah, membingungkan? Maksudnya apa?
  2. Saya memandang blog Juragan Dodoll tidak bahkan jauh dari populer. Makanya saya lakukan export-import saja.
  3. Karena alasan nomor dua, maka saya harus memisahkan tulisan bertema tertentu (misalnya tulisan bertema/topik blogging) dengan tulisan bertema lainnya, sehingga blog lama tetap ada, tidak terhapus.
    Pokoknya intinya Blog Juragan Dodoll tidak memiliki Niche, gitu deh. So, apa kelebihan blog yang memiliki niche?
    1. Lebih mudah untuk menjadi blog atau website otoritas dalam mesin pencarian terutama Google
    2. Lebih mudah dioptimasi karena pembahasan blog hanya pada satu topik saja
    3. Setelah membandingkan belasan blog yang saya kelola, 4 diantaranya memiliki niche. Blog yang memiliki niche, justeru berpotensi besar menghasilkan ketika di-monetize. 

    Cara Asik Export - Import Blog

    Berikut tatacara Export-Import Blog
    1. Buka dashbor, pilih blog yang akan diekpor-impor


    2. Pilih menu Setting >> Other; pada bidang Blog Tools, terdapat menu pilihan Import Blog, Export Blog dan Delete Blog, Pilih opsi yang menjadi kebutuhan Anda dengan masing-masing menu tersebut berfungsi:
    • Import Blog berfungsi untuk mengimport isi/postingan blog, isi blog hasil impor persis sesuai aslinya baik tanggal posting maupun isi komentar para pengunjung. 
    • Export Blog berfungsi untuk mengekspor isi/postingan blog. File hasil ekspor berekstensi *.xml. Contoh file hasil export: blog-mm-dd-yyyy
    • Delete blog berfungsi untuk menghapus blog
    Perlu Anda perhatikan, sebelum melakukan Import blog ke blog lain, pertama yang perlu dilakukan adalah Export blog.
    File hasil Export blog
    3. Ikuti langkah selanjutnya. Seperti diperlihatkan gambar

    Demikian bagaimana cara Export, Import blog. Proses import blog tergantung berat-ringannya file hasil export blog. Bisa menyita waktu dari cuma hitungan detik sampai belasan menit. 

    Lalu bagaimana Anda ingin menghapus blog? Mudah saja, klik Delete Blog dari Blog Tools.

    Demikian, semoga bermanfaat.

    Share this

    0 Comment to "Tutorial bagi Blogger Pemula: Export, Import dan Menghapus Blog"

    Post a Comment