Thursday, April 30, 2015

Cara Menguji Blog: Apakah Blog Anda Mobile Fliendly?

Baru saja saya membuka email dan akun Google Adsense saya. Di sudut kanan atas desktop/laman akun Google Adsense terdapat notifikasi (peringatan) dari Google Webmaster Tools, yang isinya kira-kira bahwa salah satu blog saya 28%nya ditemukan atau dibaca melalui pencarian dengan media mobile device seperti smartphone, tablet, dan sebagainya. Ternyata sejak 21 April 2015, pencarian dengan mesin pencari Google Search akan berekspansi penggunaannya sebagai suatu ranking signal.

Apa itu blog yang mobile friendly?

Mobile Friendly Blog adalah blog yang mudah diakses dengan media-media atau perangkat elektronik bergerak misalnya smart-phones, tablet PC, dan sebagainya yang tersedia perangkat internet-browser. Dari opsi yang diberikan, maka saya kemudian menguji apakah blog-blog saya termasuk mobile friendly?

Untuk menguji apakah blog Anda berkategori Mobile Friendly Blog, silahkan kunjungi Google Webmaster Tools. Masukkan alamat URL blog yang ingin Anda uji. Setelah memasukkan alamat URL blog, klik Analisis.

Jika blog Anda termasuk Mobile Friendly Blog, hasil uji Google akan menuliskan Mengagumkan! Laman ini mobile-friendly, dan akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini.

Mengapa situs web mesti dijadikan mobile-friendly? 

Bayangkan pengguna internet yang ingin mendapat informasi dengan mudah, melihat situs Anda di perangkat mobile. Dapatkah pengguna membaca blog/website Anda dan menemukan informasi yang diperlukan dengan mudah, ataukah blog/website Anda terlalu sulit untuk digunakan, karena berbagai alasan, salah satunya tidak didesain dengan tools-tools yang mendukung tayangan di mobile device (perangkat bergerak)?

Versi desktop website/blog mungkin sulit untuk dilihat dan digunakan di perangkat seluler (mobile device). Versi yang tidak mobile-friendly meminta pengguna untuk memperkecil atau memperbesar situs web/blog agar dapat membaca konten. Pengguna menjadi jengkel dan cenderung meninggalkan situs. Bertolak belakang dari itu, versi mobile-friendly dapat dibaca dan digunakan secara langsung.

Sekedar untuk diketahui, di Amerika Serikat, 94% orang dengan smartphones menelusuri informasi lokal di perangkat mobile device (handphone, tablet) mereka. Menariknya, 77% penelusuran seluler dilakukan di rumah atau di kantor, meskipun internet dengan komputer desktop tersedia.

Blog dengan Mobile Friendly menjadi sangat penting terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis online, memiliki toko online atau bisnis apa saja yang dilakukan secara online. Bisnis Anda dan akan terus begitu – apakah Anda menulis blog tentang tim olahraga favorit, bekerja di situs web untuk komunitas teater, atau menjual produk kepada calon klien. Pastikan pengunjung dapat memiliki pengalaman yang baik di situs Anda saat mengunjungi dari perangkat mobile!

Bagaimanakah Agar Blog Anda Mobile Friendly?
Hanya satu jawaban, yaitu pilih template, tema, atau desain seluler yang konsisten untuk semua perangkat (pergunakan desain web responsif) atau Responsive Web Design (RWD). Situs atau blog yang menggunakan template responsif, mampu menyesuaikan tampilan dengan berbagai ukuran layar meskipun menggunakan URL dan kode yang sama. Penggunaan RWD menurut Baines & Ernst mampu mengoptimalkan pengalaman situsnya di berbagai ukuran layar tanpa membuat beberapa situs web dengan dua versi, desktop dan mobile.

Di jagat ini banyak web designer yang menyediakan jasa desain template baik secara gratis maupun berbayar. Saya menggunakan template blog responsif atau Responsive Design Web (RDW), hasil rekayasa Mas Sugeng.  Mas Sugeng adalah seorang pekerja web yang cukup dikenal bagi para blogger tanah air. Salah satu temnplate yang menjadi unggulannya adalah Evomags Template.

*) Diolah dari berbagai sumber

Share this

0 Comment to "Cara Menguji Blog: Apakah Blog Anda Mobile Fliendly?"

Post a Comment