Tuesday, November 4, 2014

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Sudah banyak blog yang membahas tentang ini. Barangkali juga, pembaca juga sudah menemukan cara yang paling ampuh dan jitu, tidak sekedar dodoll, seperti juragan dodoll si penulis ini. Hehehe...

Mungkin juga Anda telah banyak menemukan tentang bagaimana cara yang paling tepat dan cepat belajar bahasa Inggris, mulai bagaimana belajar berbicara (spelling, speaking), menulis (writing), mendengarkan (listening) serta paham segala aturan tata bahasanya. Belajar bahasa Inggris memang banyak membuat si pembelajar frustrasi, karena mereka tidak mengetahui bagaimana metode yang tepat. Sebagai hasilnya, pembelajaran yang mereka lakukan tentu saja sia-sia dan tidak membuahkan hasil dengan berarti. Capeek deeh...

Menurut guru saya yang pernah memberikan mentor di Pusat Bahasa Universitas Diponegoro, Semarang, ternyata kunci hanya ada tiga langkah mudah yang bisa pembaca sebagai pembelajar yang dapat diterapkan dan membuahkan hasil yang baik. Langkah-langkahnya akan dijelaskan secara singkat berikut ini:

Fokus pada Input dan bukan Output

Kebanyakan si pembelajar maupun pengajar bahasa Inggris mendapat dan memberikan pemahaman bahwa kunci penguasaan bahasa Inggris terletak pada menulis dan berbicara. Ya, benar juga sih, karena kebanyakan orang yang langsung praktik berbicara dengan berani, ia akan terbiasa dan kemudian mendapatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. 

Fokus adalah kunci untuk mendapatkan pemahaman pelajaran yang menyeluruh. Ketika seseorang mampu fokus terhadap tujuannya, yakni hasil yang terbaik, maka secara otomatis ia pun akan mampu fokus menumbuhkan pemahaman menyeluruh terhadap konsep pelajaran di sekolah. Dengan demikian, sukses akan semakin mudah diraih

Tetapi untuk lebih cepat, seseorang juga harus mengasah kemampuannya melalui mendengar (hearing) dan mendengarkan (listening). Kemampuan mendengarkan merupakan salah satu kunci meraih keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris. Untuk itu Anda harus berani menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendengarkan lagu berbahasa Inggris, video atau DVD/filem berbahasa Inggris. Fokuskan pemahaman terhadap ragam bahasa Inggris sesuai ranah pemakaian, karena pengertian suatu kata yang sama dalam bahasa Inggris di dunia bisnis (bahasa Inggris Niaga) dengan bahasa Inggris elektronik misalnya, tentu akan berbeda. 


Dengan mendengarkan beragam kata dalam bahasa Inggris dalam waktu yang lama, maka kemampuan mendengar dan mendengarkan, serta penguasaan perbendaharaan kata Anda bisa meningkat pesat. tentunya Anda juga akan meningkatkan kemampuan dengan pesat dalam konteks berbicara.

Grammar itu Penting Banget namun jangan Terlampau Menjadi Beban

Grammar atau peraturan tatabahasa baku dalam Bahasa Inggris adalah hal yang penting sekali bagi Anda sebagai pembelajar. Saat ini di Indonesia Bahasa Inggris tidak lagi dianggap momok sebagai bahasa Asing yang membuat siapa saja grogi dan keder. Bahasa Inggris sudah menjadi lalapan di setiap percakapan maupun tulisan di media masa. Mereka tidak ragu lagi apakah penggunaannya benar dan tepat sesuai kaidah grammar. Yang penting, grammar nomor dua. Namun demikian, jika anda ingin menulis atau belajar bahasa Inggris untuk kepentingan akademik, grammar adalah sebuah hal yang wajib untuk dipelajari, tetapi janganlah menjadi beban.


Dalam hal menulis, tentu saja grammar penting, penting banget, namun dalam berbicara bahasa Inggris, kita hendaknya memaksa sedikit untuk toleran terhadap kesalahan-kesalahan grammatical. 

Rajin Mengulang

Cara Cepat Belajar bahasa Inggris lainnya adalah, "memahami"  adalah pelajaran yang membutuhkan ketekunan, dan tidak gampang putus asa. Tekun dalam mengulang materi pelajaran akan menguatkan daya ingat seseorang terhadap pelajaran. 

Rajin Berlatih


Cara Cepat berikutnya adalah membiasakan untuk terus menerus latihan mengerjakan soal dengan beragam tingkat kesulitan. Jika ini mampu dilaksanakan, maka pemahaman akan konsep pembelajaran pun semakin mapan.

Share this

0 Comment to "Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris"

Post a Comment