Monday, July 15, 2013

Membuat Menu Ukuran Kertas (Paper Size) Sesuai Kebutuhan pada Windows 7

Bekerja di kantor birokrasi pemerintahan seperti pemerintah daerah, terkadang kita harus menyiapkan kertas setengah folio atau ukuran yang lebih kecil lagi, untuk keperluan mencetak naskah pidato Bupati/Walikota/Gubernur, dan keperluan lainnya seperti slip gaji, blangko memo, dan sebagainya. Sayangnya, Windows tidak menyediakan ukuran kertas sesuai kemauan kita sendiri.
Namun demikian, windows menyediakan menu untuk men-setting ukuran kertas cetak Custom Size. Kali ini saya mencoba men-setting Custom Size untuk naskah pidato Bupati. Bagi pembaca yang sudah membaca posting saya tentang bagaimana mencetak dengan scaling, seharusnya tulisan ini sebagai pendahulunya. Artinya, sebelum saya memposting artikel tersebut, seharusnya saya memposting tulisan ini terlebih dulu.
Berikut ini langkah-langkah untuk setting kertas dengan Custom Size di Windows XP. Bukan berarti saya tidak suka Windows 7, tapi memang laptop saya terlalu sayang dengan XP, sehingga tidak doyan diinstal atau migrasi ke Windows 7. 
  • Sebelum setting dilakukan, jika di komputer Anda terinstal lebih dari satu jenis printer, biasanya secara default, setting berlaku untuk printer yang berstatus default printer.
  • Pertama Navigasikan mouse ke Start >> (Control Panel) >> Printers and Faxes
  • Kedua, Dari jendela baru yang tampil, pilih File >> Server Properties (lihat gambar di bawah ini). Pada Windows 7 : Start >> Printers and Faxes >> pilih Printer yang terinstal pada bidang Printers and Faxes >> klik tab Print server properties.
  • Ketiga, setelah muncul menu Print Server Properties. Dari tab Forms, beri tanda centang pada Create a new form. Karena saya ingin membuat menu untuk ukuran kertas naskah pidato, maka saya beri nama NaskahPidato. Jangan lupa menyimpannya dengan menekan tombol Save Form.
  • Pada bidang Form description (measurements), pilih ukuran (Units) pada opsi English.
  • Untuk menentukan ukuran kertas cetak, saya menggunakan setengah folio (folio dibagi dua) sehingga saya dapatkan ukuran kertas lebar (width) 16,51 cm dan tinggi (Height) 21,51 cm. Karena permintaannya dalam satuan inch, maka saya konversikan bisa secara manual (menggunakan penggaris) maupun secara digital dari situs Unit Converter. Hasilnya Width: 6,30 inch dan Height 8,27 inch. Begitu juga untuk ukuran Printer area margins, masing-masing 2 cm atau 0,79 inch.

  • Sekarang Anda telah selesai men-setting. Klik Close untuk mengakhirinya.
Cobalah sekarang Anda buka salah satu dokumen Word, dan silahkan setting Page Setup. Pada jendela Page Setup, dari tab paper telah tersedia menu NaskahPidato.

Untuk menyusun naskah pidato, Anda juga bisa mengetik naskah dengan huruf kapital ukuran 14 pt di atas kertas ukuran A4, Legal ataupun Letter, 5 hingga 10 halaman (naskah pidato Bupati/Walikota/Gubernur bahkan Presiden biasanya paling banyak 10 lembar), kemudian dicetak dengan kertas ukuran kecil (½ folio) atau menurut ketentuan yang berlaku.

Nah, Anda tinggal potong kertas folio menjadi dua, letakkan di tray printer. Lakukan pencetakan dengan Scaled Printing seperti yang pernah saya posting di blog ini. 

Selamat bekerja.

Share this

4 Responses to "Membuat Menu Ukuran Kertas (Paper Size) Sesuai Kebutuhan pada Windows 7"

  1. tapi konon kabarnya dari Windows sendiri, windows XP bakalan tidak bisa lagi di upgrade aplikasi bawaannya... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Haryanto, TQ atas infonya, jujur saya tidak atau jarang mengikuti perkembangan teknologi Windowa terbitan Microsoft, saya sekarang memakai Windows 7, sebelumnya memakai Windows 8 (hanya hitungan hari di akhir tahun 2012 lalu). Untuk office, saya memakai MS Office 2010.

      Delete
  2. @ Mbak Hana: Thanks for visiting, ini blog baru saya, tapi isinya saya impor dari blog yang sudah saya hapus.

    ReplyDelete