Thursday, November 13, 2014

Cara Asik Ngeblog bagi Pemula

Kalau ditanya kapan saya mulai ngeblog? Pertama saat saya diberi tugas oleh kantor mengurusi pekerjaan penyusunan data dan informasi. Saat itu saya masih belum begitu paham betul tentang teknologi informasi. Kedua, saat saya berguru di Semarang, kebetulan di kampus dosen saya mewajibkan mahasiswa memiliki blog. Ya sudah, akhirnya saya bikin blog.

Kenapa Ngeblog?
Jika pembaca punya alasan kenapa ngeblog? Tentu pembaca mengerti dan mengetahui manfaat Ngeblog, agar pembaca sekain yakin jika ngeblog memang banyak manfatnya.

Ada beberapa penulis blog (blogger) yang menyatakan manfaat blog dengan versi mereka masing-masing. Blog.wishpond.com, menyatakan setidaknya ada 4 manfaat yang diperoleh dari ngeblog yaitu: drive traffic to website, increase your SEO/SERP, position your brand as an industry leader, dan develop better customer relationship.

Blog becomingminimalist.com setidaknya menulis 15 alasan mengapa anda seharusnya ngeblog, antara lain yaitu: 1) Anda akan menjadi penulis yang hebat, 2) Anda akan melatih diri anda menjadi pemikir yang lebih baik, 3) Anda akan meraih visi yang telah dicanangkan, 4) Anda akan menghasilkan uang, 5) Anda akan banyak pahala karena menyebarkan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat, 6) Anda menjadi seorang inspirator, dan sebagainya.

Logo diambil dari: magpress.com
Dari sekian tulisan baik online maupun offline, dapat dituliskan bahwa manfaat ngeblog yaitu:

1) Menjadi seorang penulis yang hebat
  • Jika anda memiliki hobi dan bakat menulis, blog adalah alternatif pilihan untuk menuangkan gagasan dan pemikiran. Ketika media koran, majalah memiliki kriteria yang ketat dalam seleksi tulisan, blog adalah salah satu media pilihan. Banyak website/situs dalam dan luar negeri yang menyediakan layanan blog gratisan sampai dengan berbayar. Tentunya tergantung Anda untuk memilihnya.
2) Membangun jaringan (network)
  • Apabila blog anda berisi dengan artikel-artikel menarik sesuai keahlian anda dan senantiasa diperbarui (update) secara berkala, maka akan mendapatkan pengunjung setia. Dengan banyaknya pengunjung dan anda semakin dikenal, maka Anda akan mendapatkan manfaat perluasan jaringan. Apalagi jika blog memiliki misi tertentu (misalnya) alat untuk menjalankan bisnis, semakin luas jaringan maka akan semakin mudah Anda menjalankan bisnis.
3) Menjadi Inspirator dan Motivator
  • Tulisan-tulisan yang berbobot akan memberi nilai tambah tersendiri bagi penulisnya. Tidak sedikit blogger-blogger yang telah menjadi inspirator dan motivator bagi pembaca. Oleh karena itu, dianjurkan anda membuat tulisan-tulisan yang inspiratif dan motivatif.
4) Menjadi Jurnalis
  • Jika anda memutuskan untuk menjadi seorang jurnalis tanpa suratkabar atau media masa, blog dapat anda jadikan workshop dan media untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat. Tuliskan laporan anda secara nyata, hindari manipulasi data, gunakan bahasa yang mudah dicerna, gunakan bahasa sesuai pangsa pasar atau audiens anda.
5) Menghasilkan Uang
  • Blog juga bisa menghasilkan uang. Anda bisa menghasilkan uang tambahan, caranya dengan bergabung kepada penyelenggara program afiliasi. Banyak sekali website yang menawarkan program afiliasi, Google Adsense, Klik Saya, Chitika, Info Links dan lain-lain.
Bagaimana Memulai Ngeblog?
Pertanyaan ini biasa muncul bagi seorang blogger pemula. Memulai ngeblog itu sebenarnya tidaklah rumit. Yang membuat rumit adalah diri Anda sendiri. Berikut langkah-langkah membangun sebuah blog.

1. Tentukan Tujuan
  • Tujuan itu penting. Coba ketika anda naik sepeda motor dan ditanya "hendak kemana?", so Anda harus bisa menjawabnya. Tujuan harus ditetapkan, agar anda selalu konsisten tentang apa yang harus anda tuliskan. 
2. Tentukan Topik Bahasan dan Pangsa/Audiens Pembaca
  • Topik atau tema blog juga mempengaruhi perjalanan blog anda. Maka dari itu, tentukan topik dan tema blog apa yang akan anda bangun, dan siapa saja audiens-nya. Untuk ini anda harus menggali kelebihan yang ada pada diri Anda. Coba bertanyalah pada diri Anda, keahlian apa yang anda miliki, pengetahuan di bidang komputer dan internet? Kuliner? Menulis fiksi? Dengan demikian Anda tidak akan kehabisan materi untuk dituliskan.
  • Tentukan audiens/pembaca. Tulisan anda harus disesuaikan dengan audiens/pembaca. Buatlah tulisan sesuai dengan pangsa pembaca Anda. Jika blog ditujukan kepada pembaca remaja, buatlah tulisan dengan bahasa khas remaja, dinamis, funny, dan komunikatif a la remaja. Jika tulisan ditujukan bagi mahasiswa, buatlah tulisan dengan bahasa kampus, sedikit berbau ilmiah, dan seterusnya.
3. Memilih platform dan Mulai Menulis
  • Jika topik sudah terbentuk, tinggallah memilih platform dan menulisnya. Di internet banyak website menyediakan layanan blog dari gratisan sampai berbayar. Wordpress.com, blogger.com, detik.com, tumblr.com, weebly.com dan masih banyak lagi. Masing-masing layanan tersebut menghasilkan platform. Platform (bentuk/format blog) wordpress.com, blogger.com dan lain-lain, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebaiknya Anda bertanya kepada teman/sahabat yang telah memiliki pengalaman.
  • Sebelum registrasi, miliki lebih dulu akun email (alamat surat elektronik), ini merupakan persyaratan mutlak yang harus Anda penuhi. 
  • Setelah registrasi diterima, baru Anda bisa memulai menulis.
4. Percantik Blog
  • Ini masalah pro dan kontra, sebagian blogger tidak suka blognya banyak asesoris, sementara sebagian blogger merasakan sebaliknya. Bagi saya mempercantik atau menghias blog sah-sah saja, percantiklah blog sewajarnya, tidak berlebihan, tidak membuat blog Anda susah diakses. Banyak sekali website yang menyediakan asesoris blog, seperti alat penghitung pengunjung, perekam jejak pengunjung, dan lain-lain.
  • Iklan-iklan dari program afiliasi adalah salah satu unsur assesoris blog. Selain menghiasi blog, iklan-iklan tersebut juga dapat mendatangkan penghasilan tambahan.
5. Pemasaran (Marketing) Blog
  • Langkah terakhir adalah mempromosikan blog, agar blog anda dikenal orang/pembaca. Pemasaran (marketing) atau sosialisasi bisa dilakukan melalui media jejaring sosial seperti facebook, twitter, mengunjungi blog orang lain, atau forum. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sepatutnya pada blog yang Anda kunjungi, dengan cara itu si pemilik akan melakukan kunjungan balik, demikian seterusnya akhirnya blog Anda akan semakin dikenal oleh pembaca.
Itulah ikhtisar dari manfaat ngeblog yang dapat saya rangkum. Menurut Anda apa manfaat ngeblog?
*) dari berbagai sumber

Share this

0 Comment to "Cara Asik Ngeblog bagi Pemula"

Post a Comment